Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Mengatasi Perut Kembung - Perut kembung kerap menjadikan diri menjadi tidak nyaman ketika melalukan berbagai aktivitas. Adapun penyebab dari perut kembung itu sendiri dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, yaitu adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang di konsumsi, atau akibat dari gangguan pencernaan lain seperti sindrom iritasi usus dan sembelit.

Terlepas dari berbagai faktor yang menyebabkan perut kembung, tetapi sepertinya Anda tidak perlu merasa khawatir, karena ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, sehingga Anda akan terbebas dari rasa kembung di perut dan tentunya sudah mengganggu berbagai aktivitas yang mestinya harus Anda lakukan.

Berikut ini adalah beberapa cara alami mengatasi perut kembung yang dirangkum oleh situs canadianliving dan dipublikasikan kembali kepada Anda melalui blog Karo Cyber.

1. Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi

Salah satu faktor utama yang menyebabkan perut kembung adalah sembelit. Dalam hal ini untuk mengurangi rasa kembung sekaligus meningkatkan kesehatan usus, maka konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat. Wortel, jeruk, biji rami, dan barley merupakan beberapa makanan yang mengandung serat yang mudah larut. Sementara Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, kale, kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk dalam serat yang tidak mudah larut.

2. Hindari Permen Karet
Ketika Anda mengunyah permen karet, maka secara tidak langsung Anda telah menelan gelembung udara dalam jumlah yang besar. Hal ini tentu akan menimbulkan perasaan kembung. Dengan demikian menghindari mengunyah permen karet merupakan salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi perut kembung.

3. Mengurangi Asupan Garam dalam Tubuh
Mengurangi asupan garam dalam tubuh dapat dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Hal ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko perut kembung. Seperti diketahui bahwa garam dapat membuat sel-sel dalam tubuh menahan kandungan air yang dapat berkontribusi menyebabkan perut kembung.

4. Mengkonsumsi Air 1-2 Liter Setiap Hari
Mengkonsumsi air antara 1 hingga 1 liter dalam sehari akan membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu air juga akan membantu mengeluarkan kotoran yang dapat menyebabkan perut kembung yang berada didalam tubuh.

5. Mengkonsumsi Makanan Dalam Porsi Kecil
Mengkonsumsi makanan lima porsi kecil dalam sehari tentu akan lebih baik bila dibandingkan Anda harus mengkonsumsi makanan 3 porsi besar dalam sehari. Dengan makan dalam porsi yang sedikit, tetapi dilakukan lebih sering, maka hal ini akan membuat tubuh mendapatkan waktu untuk mengkstraksi makanan dan memanfaatkan semua nutrisi yang terkandung pada makanan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat meredakan perut kembung dan juga makanan yang dapat membuat perut kembung:

Makanan pereda perut kembung
Makanan yang dapat meredakan kembung antara lain adalah daun peppermint, air lemon, nanas, pepaya, jus lidah buaya, seledri, gandum utuh, kacang-kacangan yang tidak menggunakan garam, dan yogurt.

Makanan yang dapat membuat kembung antara lain:
  • Kubis Brussel, Brokoli, Kacang-Kacangan, Bawang dan Kubis.
  • Makanan yang bernutrisi dan juga lezat ini adalah salah satu faktor penyebab utama perut kembung. Mereka mengembang dalam saluran pencernaan dan meningkatkan emosi. Hindari makanan ini jika anda merasa kembung.
  • Alkohol. Senyawa Karbonat yang terkandung pada bir menyebabkan perut kembung dan juga teriritasi, terutama ketika zat asam yang berada pada tubuh menyebabkan pembengkakan.
  • Kopi Seperti alkohol, zat adiktif yang terdapat pada kopi juga membuat iritasi dan perut kembung. Kurangi mengkonsumsi kopi jika sedang mengalami perut kembung.

Baca yang ini juga ya :)



Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Alami Mengatasi Perut Kembung, bagikan juga kepada teman-teman Anda.